SHARE IT, ( ANDALAZE ISLAND ) - mY gU'e m'E

Aku Kamu Dia Dan Mereka Adalah Saudara ( By adhan Xu Doyoshi )

50% Klub Premiership Dikuasai Asing

Jakarta - Kepemilikan asing terhadap klub-klub Liga Inggris semakin besar. Menyusul pembelian Birmingham City oleh pengusaha Hong Kong, tercatat sudah 10 klub Premier League dikuasai asing.

Diberitakan Telegraph, Birmingham City resmi berpindah tangan dari pemilik sebelumnya ke tangan Carson Yeung pada Selasa (6/10/2009) waktu setempat. Pengusaha asal Hong Kong tersebut kini mengusai 90% saham klub yang bermarkas di St Andrews itu.

Penjualan Birmingham ke pengusaha asing hanya terjadi beberapa hari setelah Portsmouth juga punya pemilik baru. Pompey yang sebelumnya dikuasai Sulaiman al Fahim (Uni Emirat Arab) kini menjadi kepunyaan Ali al Faraj (Arab Saudi) setelah dia juga membeli 90% saham klub tersebut.

Pembelian Birmingham oleh Yeung membuat separuh dari 20 klub Liga Inggris menjadi milik asing. Klub lain yang juga sudah dimiliki pengusaha negeri seberang adalah Aston Villa, Chelsea, Fulham, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Sunderland, West Ham United dan tentunya Portsmouth.

Otoritas Premier League selama ini memang tak pernah membatasi kepemilikan asing di klub-klub kasta teratas sepakbola Inggris itu. Mereka hanya melakukan semacam uji kelayakan terhadap individu si calon bos baru. Apalagi di Inggris para investor memang sangat mudah untuk melakukan investasi dengan melakukan akuisisi. Demikian BBC.

"Premier League menraik pemirsa secara global dan bagian dari itu adalah investasi dari luar negeri. Semua investor di Premier League, tak peduli dari mana datangnya, melakukan pembelian karena melihat adanya peluang sukses. Aturan yang kami buat adalah untuk memastikan mereka bisa sejalan dengan regulasi liga, (kami) tak sekadar memeriksa paspor mereka," ungkap seorang juru bicara Premier League.

Buat beberapa klub, kepindahan kepemilikan ke tangan asing memberi mereka semacam gairah hidup baru terkait suntikan dana besar yang datang. Kasus seperti ini bisa dilihat pada Chelsea dan Manchester City.

Berikut daftar klub yang sudah diakuisisi oleh pengusaha asing:

* ASTON VILLA - Pada September 2007, miliarder asal Amerika Serikat, Randy Lerner, membeli 90% saham klub tersebut dengan biaya sebesar 62,6 juta poundsterling.

* CHELSEA - Roman Abramovich secara resmi membeli Chelsea pada Juli 2003 dengan nilai yang dikabarkan mendekati 60 juta poundsterling.

* FULHAM - Mohamed Al Fayed bisa dibilang menjadi salah satu pelopor kepemilikan klub sepakbola oleh pengusaha asing. Pemilik department store Harrods itu menginvestasikan 30 juta pounds di Fulham serta duduk sebagai presiden pada tahun 1997.

* LIVERPOOL - Duo pengusaha di bidang olahraga asal Amerika Serikat, George Gillett dan Tom Hicks resmi menguasai Liverpool di tahun 2005. Mereka menjadi penguasa saham The Reds setelah menggelontorkan dana sebesar 174 juta poundsterling.

* MANCHESTER UNITED - Sama seperti Liverpool, Manchester United juga diakuisisi oleh pengusaha Amerika Serikat di tahun 2005. Yang menjadi bos baru The red Devils adalah Malcolm Glazer setelah membayar 790 juta poundsterling.

* PORTSMOUTH - Alexandre Gaydamak menjadi pengusaha Rusia kedua yang bermain di Liga Inggris saat dia membeli saham mayoritas Portsmouth dari Milan Mandaric. Namun klub tersebut kemudian berpindah tangan ke Sulaiman al Fahim dan kemudian Ali al Faraj.

* WEST HAM - Pada November 2006, West Ham United setuju menerima tawaran sebesar 85 juta poundsterling dari sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Presiden Asosiasi Sepakbola Islandia, Eggert Magnusson.

* MANCHESTER CITY - Di akhir jendela transfer musim 2008-09, City dibeli oleh Abu Dhabi United Group. Pengambilalihan tersebut kemudian membuat The Citizens jadi salah satu klub kaya di Inggris.

* SUNDERLAND - Ellis Short mulai memegang saham Sunderland pada tahun 2008 dengan jumlah yang baru 30%. Pengusaha asal Amerika Serikat itu kemudian menguasai secara penuh The Black Cats pada Januari 2009.